Breaking News

Selasa, 08 Maret 2016

Pembagian Segmen Dalam Industri Konstruksi

Melanjutkan materi sebelumnya tentang klasifikasi jenis-jenis konstruksi sekarang penulis akan menulis tentang Pembagian Segmen Dalam Industri Konstruksi, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini :

sumber : Halpin, Construction Management 1998


Dapat kita lihat pada gambar diatas bahwa konstruksi bangunan serta konstruksi perumahan mendapatkan porsi yang besar dalam industri kontruksi disusul konstruksi berat dan konstruksi industrial. Menurut pendapat saya mengenai gambar diatas sangat masuk akal apabila sektor pada konstruksi perumahan dan bangunan mencapai presentase tertinggi dalam segmen industri konstruksi dikarenakan salah satu konstruksi perumahan yaitu rumah adalah suatu hal yang sangat penting bagi kita manusia untuk memiliki rumah tinggal sedangkan dalam konstruksi bangunan salah satunya yaitu bangunan pendidikan seperti sekolah. maka tidak heran apabila dua jenis industri konstruksi tersebut mendapat porsi yang tinggi dalam industri konstruksi. Pembagian segmen industri konstruksi diatas dapat diuraikan sebagai berikut :

1. Konstruksi Berat :
    a. Waduk
    b. Terowongan
    c. Jembatan
    d. Jalan Raya
    e. Airport
    f. Urban Transit Sistem
    g. Pelabuhan
    h. Pipa Bawah Tanah
     i. dan lain-lain

2. Konstruksi Bangunan Gedung :
    a. Sekolah
    b. Universitas
    c. Rumah Sakit
    d. Perkantoran
    e. Gudang
    f. Bangunan Pemerintahan
    g. dan lain-lain

3. Konstruksi Perumahan
    a. Rumah Tinggal
    b. Town Houses
    c. Apartemen
    d. Kondominium

4. Konstruksi Industrial
    a. Bangunan Perminyakan
    b. Pabrik Petrochemical
    c. Pabrik Lainnya

Pada pelaksanaan industri konstruksi membutuhkan suatu perencanaan maksimal yang berguna bagi kelancaran pembangunan, baik perencanaan desain, organisasi, waktu, biaya, dan sebagainya. Untuk itu, dibutuhkan keilmuan dalam hal pengaturan atau manajemen yang saling berkesinambungan dan melengkapi dalam dunia proyek dan konstruksi.

Demikian materi tentang Pembagian Segmen Dalam Industri Konstruksi, selanjutnya penulis akan membahas materi mengenai Pengenalan dalam Manajemen, Penjadwalan, dan Pengendalian Biaya di Industri Konstruksi, terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman

Designed By